Bimbingan Teknis Cloud Storage Bagi OPD Dilingkungan Pemerintah Kota Sabang

PPID Sabang | Jumat, 26 Maret 2021 | Artikel dan Berita  

Sabang-Diskominfo Kota Sabang melalui Bidang Penyelenggaraan E-Government mengadakan Bimbingan Teknis Cloud Storage (Media Penyimpanan Digital) kepada seluruh OPD Pemerintah Kota Sabang yang  berlangsung mulai  pada hari Kamis, 25 Maret 2021.

Kegiatan bimtek yang rencananya akan diselenggarakan selama 5 hari mendatang itu dipusatkan di ruang Bidang E-Government , diikuti para  Kasubbag umum dan Kepegawaian dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) Dilingkungan Pemerintah Kota Sabang .

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Sabang Drs.Ridwan MD, mengatakan “  melalui bintek aplikasi Cloud Storage ini diharapkan dapat memudahkan seluruh OPD Pemerintah Kota Sabang dalam membantu mengelola, menyimpan dan berbagi file pekerjaan kantor dengan lebih baik.

Diharapkan  dengan kegiatan ini, kita dapat menerapkan dan menyelenggarakan program Pemerintah berbasis Elektronik, sesuai dengan amanat peraturan Presiden No.95 Tahun 2018”, ujar Ridwan.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Muhharam,ST menambahkan “dengan adanya cloud storage ini kita bisa meminimalisir penggunaan HardDisk dan FlashDisk yang selalu menjadi penambah dana anggaran”.

Cloud Storage adalah aplikasi/layanan penyimpanan data secara digital. Cloud bukanlah teknologi baru, cloud ini adalah teknologi yang sudah ada sebelumnya dengan variasi metode yang beragam. Cloud Storage yang digunakan di Pemko Sabang ini rencananya menggunakan Aplikasi OwnCloud.

Untuk memudahkan, maka masing-masing OPD akan disediakan sebuah akun untuk mengolah dan menyimpan data.

“ Akun-akun tersebut nantinya akan diberikan keseluruh staff yang ada di masing-masing OPD agar memudahkan penyimpanan dan pengaksesan data.  Data tersebut akan di simpan di server yang ada di Diskominfo kota Sabang di bawah bidang Penyelenggara Egovernment  tersimpan dengan  aman dan m.udah difungsikan “, kata Muhharam. (mc).