Pengelola Koperasi di Sabang Ikuti Pelatihan Teknik Konversi Ke Pola Syariah

PPID Sabang | Senin, 5 April 2021 | Artikel dan Berita  

Sabang-Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Sabang melalui Bidang Koperasi dan UKM mengadakan pelatihan “Teknik Konversi Koperasi Ke Pola Syariah Tahun 2021”.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian tersebut  berlangsung dari tanggal 29 Maret 2021 hingga 01 April 2021.

Pelatihan diikuti  dari berbagai kalangan masyarakat, khususnya pengelola koperasi  dengan  mengusung tema “Say No To Riba”, tersebut  dihadiri Direktur Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry  Prof. Dr. H. Syahrizal Abbas, MA  sebagai nara sumber.

Prof. Dr. H. Syahrizal Abbas yang juga merupakan Dewan Pengawas Syariah Bank Aceh mengatakan,   seluruh koperasi di Aceh harus menjalankan prinsip secara syariah, terlebih lagi setelah lahir nya Qanun tentang Kelembagaan Keuangan Syariah.

“Koperasi seluruh Aceh banyak yang Konvensional, Setelah lahir nya Qanun tentang lembaga syariah maka semua Lembaga Keuangan yang ada di Aceh itu harus menjalankan prinsip secara Syariah” imbuhnya.

Menurutnya  untuk melakukan perubahan konversi dari konvensional menjadi syariah, ada dua hal aspek penting yaitu yang pertama adalah melakukan perubahan Kelembagaan dan Legalitas Koperasi, serta yang kedua adalah Usaha Kegiatan nya juga harus berubah dari konvensional yang didalam nya terdapat unsur riba menjadi syariah sehingga menghasilkan keuntungan sesuai dengan prinsip syariah.

" Yang harus dilakukan, pertama adalah melakukan perubahan kelembagaan institusi koperasi itu, legalitas koperasi dari legalitas konvensional menjadi legalitas syariah. Begitu juga dengan kegiatan usahanya  itu juga berubah”, ujar Prof. Dr. H. Syahrizal Abbas.

Lebihlanjut dikatakan, pelatihan ini dapat menjadi kesempatan bagi para pelaku koperasi Aceh khusus nya Sabang untuk memberikan manfaat secara syariah kepada masyarakat khusus nya kepada para anggota koperasi itu sendiri.

Tidak lupa juga ia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Sabang dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Sabang yang sudah memprakarsai serta menyelenggarakan pelatihan ini.

“Terima kasih kepada Disperindagkop UKM Kota Sabang sudah mempelopori, memprakarsai pelatihan serta mengajak masyarakat untuk hijrah ke koperasi syariah. Ini merupakan hal yang sangat luar biasa juga dari Pemerintah Kota Sabang”  kata Prof. Dr. H. Syahrizal Abbas. (MC).