PENGUKUHAN PENGURUS KELOMPOK INFORMASI GAMPONG (KIG) SE KOTA SABANG

Miftahul Riska | Kamis, 2 Desember 2021 | Layanan Masyarakat 

Sabang I Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian kota Sabanag Drs. Ridwan MD resmi mengukuhkan pengurus Kelompok Informasi Gampong (KIG) se kota Sabang pada hari selasa, 30 November 2021 di Aula Diskominfo kota Sabang.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, bahwa kesadaran masyarakat untuk memperoleh pengetahuan melalui penggunaan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi semakin tinggi. Di beberapa daerah di indonesia, terdapat beraneka ragam komunitas/kelompok yang memiliki fungsi kig (kelompok informasi gampong), yaitu dengan memberdayakan masyarakat lokal untuk memperoleh/mengakses informasi dan teknologi komunikasi.

Hal ini juga sejalan dengan  undang-undang 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang semakin mendorong  pentingnya kehadiran kelompok informasi gampong  (kig) .

“ Kelompok Informasi Gampong pada tiap-tiap gampong yang ada di kota Sabang ini sangat penting adanya. Karena KIG ini akan menjadi wadah penampung  inspirasi dan aspirasi masyarakat. Diharapkan nilai ekonomi masyarakat semakin meningkat dengan adanya KIG ini. Kita ketahui bahwa Kelompok Informasi Gampong (KIG) ini dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, dimana secara mandiri dan kreatif melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan nilai taraf kehidupan masyarakat”, ujar Drs.Ridwan MD dalam sambutannya.

Acara pegukuhan pengurus Kelompok Informasi Gampong ini dihadiri oleh 18 ketua Kelompok Informasi Gampong , dan para Geuchik Gampong yang ada di kota Sabang.

Geuchik Gampong Krueng Raya menambahkan “ saya berharap pengurus Kelompok Informasi Gampong yang sudah dilantik ini dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk masyarakat yang memiliki produk-produk yang bernilai ekonomi KIG ini lah yang menjadi tandu mereka agar semakin maju dan berkembang”.